Efek Social Media -Twitter-


Awal ceritanya bermula saat Joko Anwar, seorang aktor yang pernah menjadi sutradara film Janji Joni, iseng memposting status di Twitter bahwa seandainya mendapatkan follower lebih dari 3.000, Joko Anwar akan bertelanjang di Circle K!
Joko Anwar telanjang di Circle K
Joko Anwar telanjang di Circle K
Singkat cerita, keisengan Joko Anwar ternyata berbuah luar biasa. Jumlah follower Joko Anwar lepas kendali, bukan hanya 3.000 bahkan mencapai lebih dari 13.000 dalam hitungan jam. Yang lebih menghebohkan lagi adalah gosip dan diskusi di Twitter yang tak henti-hentinya tentang aksi Joko Anwar tersebut, baik sebelum, saat, maupun setelah aksi Joko Anwar tersebut dilakukan.
Apa yang dapat kita pelajari dari kejadian ini?

Social Media *IS* Powerful!

Aksi bugil Joko Anwar membuktikan bahwa social media mempunyai kekuatan yang tidak bisa diremehkan.
Manfaatkan social media dengan baik dan tepat, maka efek viral berikut akan muncul secara otomatis:

Efek #1: Populer secara Instan!

Bahkan beberapa orang  baru mengenal Joko Anwar gara-gara kasus aksi bugilnya di Circle K ini.
Bukankah ini luar biasa? Hanya dengan sebuah tweet (meskipun nyleneh) seseorang –atau, dalam kepentingan bisnis, produk dan brand– dapat melejit namanya dan dikenal banyak orang dalam waktu sangat singkat!

Efek #2: Penyebaran Mulut-ke-mulut itu Sangat Cepat!

Jumlah follower yang ditarget Joko Anwar adalah 3.000, namun jumlah tersebut dengan mudah terlewati hanya dalam hitungan menit setelah rekan-rekan Joko Anwar menyebarkan “Janji Joko” tersebut secara word of mouth. Beberapa jam kemudian, jumlah follower Joko Anwar sudah melebihi 13.000, nyaris 5 kali lipat dari target awal!
Dengan menggunakan Twitter untuk mempromosikan bisnis Anda secara tepat, efek dahsyat viral marketing ini bisa juga terjadi pada produk atau brand Anda!

Efek #3: Komitmen adalah Janji, Penuhilah!

Walaupun gosip telah beredar dengan sangat gencar, banyak orang yang tidak percaya bahwa Joko Anwar akan benar-benar melakukan aksi bugilnya.
Semua rumor itu terbantahkan dan para tweeps pun terhenyak saat Joko Anwar benar-benar belanja telanjang di Circle K cabang Bintaro, Rabu dini hari tanggal 23 September 2009 pukul 00.05 WIB!
Saya sendiri kurang tahu apakah itu memang trik yang dilakukan Joko Anwar dengan sengaja untuk mendukung agenda tertentu (promosi film? motif politik?) atau murni keisengan yang berbuah “tragedi”, tetapi satu hal yang saya tahu pasti: Joko Anwar adalah orang yang janjinya nggak main-main!
Mental positif tersebut sangat perlu diteladani oleh pebisnis mana pun yang ingin sukses:menjaga kepercayaan pelanggan.
Mungkin kita pernah gencar melakukan promosi, memberikan janji-janji muluk kepada prospek/calon pelanggan, tapi ternyata gagal memenuhi apa yang kita janjikan sebagaimana yang diharapkan oleh pelanggan. Saya sendiri juga tentunya tidak lepas dari kesalahan tersebut. Sebagai manusia saya pikir itu hal yang wajar dan kita tahu konsekuensinya.

0 Response to "Efek Social Media -Twitter-"

Posting Komentar